Google Sandbox!!! Bagaimana cara Mengatasinya.

Ditulis oleh: -

Pengertian dan efek dari google sandbox

Google sandbox bisa dikatakan sebagai hukuman yang diberikan oleh Google kepada sebuah domain (website) atau URL dari sebuah website/blog. Penjelasan lebih rincinya adalah sebuah alamat domain yang baru terdaftar di dunia internet tetapi domain tersebut sudah memiliki peringkat yang tinggi secara drastis atau sangat cepat. Itu karena si pemilik domain itu terus berupaya dengan perubahan-perubahan cepat (jalan pintas) sehingga menjadikannya peringkat teratas, hal tersebut dianggap google sebagai spam / gejala yang tidak sewajarnya setelah dilakukan pengamatan dengan indikasi-indikasi tertentu bagaimana peringkat halaman web di indeks.


Google melakukan perhitungan dengan algoritma peringkat untuk memperbaiki posisi dari sebuah halaman sebuah web dengan melakukan penyaringan untuk mencegah banyaknya website curang (menggunakan metode blackhat SEO). Indikator indikator Google sandbox ini biasanya berhubungan dengan umur sebuah website atau blog dan daya saing kata kunci yang di perebutkan untuk di gunakan dalam link.

Sanksi yang di berikan oleh Google untuk yang masuk kedalam Sandbox adalah penurunan secara dramatis peringkat pada SERP (Search Enggine Result Page) dan tidak terindeks oleh google alias noindex. Hal tersebut karena Google sedang menahan web (dipenjara) sampai bisa di buktikan kelayakan dari halaman tersebut mendapat peringkat yang baik.

Penyebab blog masuk list google sandbox

Google Sandbox ini mengacu kepada satu set filter dengan tujuan anti-spam yang sering dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Spam link ini biasanya dilakukan karena adanya keinginan untuk mengoptimalkan posisi artikel di mesin pencari dan memanipulasi peringkat dari sebuah web dengan cara membuat banyak inbound link ke situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki (backlink). Berikut ringkasan saya tentang penyebab blog masuk kedalam list google sandbox :
  1. Melakukan optimasi yang terlalu over atau berlebihan.
  2. Terlalu banyak ping yang di submit dalam sehari.
  3. Berkomentar dengan live link menuju ke artikel blog kita (biasanya yang sedang ikut kontes SEO)
  4. Terlalu banyak backlink yang masuk pada sebuah artikel dalam satu minggu (backlink hanya ke satu artikel).
  5. Artikel copas atau plagiat, karena tidak ada sumbernya.
  6. Terlalu banyak mengulang kata (keyword) yang sama.

Cara mengetahui blog terkena google sandbox

Buka www.google.com atau google.co.id, lalu masukkan kata "site:" dan tambahkan nama domain anda. contohnya "site:ujangyoyo.blogspot.com" lalu lihat hasilnya.. Jika isi halaman dari blog anda masih ditampilkan, maka blog anda tidak terkena google sandbox tapi bila tidak ditampilkan maka blog anda mungkin sudah terkena google sandbox.

Atau anda juga bisa menggunakan tool sandbox yang di sediakan
Searchenginegenie.com. Serta dapat membuka google webmaster, kalo terjadi penurunan visitor, pageviews dan klik, maka anda masuk ke dalam sandbox. Jika sebuah situs web akan dimasukkan ke dalam Sandbox, secara normalnya (tidak ada usaha perbaikan) membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun untuk keluar dan ditempatkan kembali di Search Engine Result Pages (SERPs). Tetapi saya mempunyai tips berikut ini untuk keluar dari google sandbox secepat mungkin.

Cara keluar dari google sandbox


Hal pertama yang anda lakukan adalah tetap woles dan jangan panik.
  • Untuk sementara waktu, jangan melakukan optimasi terhadap artikel/halaman blog yang kena google sandbox.
  • Lakukan edit artikel yang terkena hukuman google sandbox. Perhatikan dan teliti artikel tersebut. Kurangi kata (keyword) yang banyak diulang-ulang. Edit artikel yang terkena efek sandbox dengan menambahkan beberapa kata atau kalimat baru. Cek link yang ada, pastikan tidak ada yang broken link. sobat juga bisa tambahkan beberapa link atau menguranginya. Intinya lakukan update pada postingan yang terkena Google Sandbox. 
  • Tulislah artikel yang berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox serta jangan lupa untuk memberikan inbound link ke artikel yang terkena sandbox dan link ke google.com.
  • Buat sebuah artikel artikel pembantu yang menyertakan link artikel yang terkena google sandbox tersebut. Dan bila perlu sertakan juga link atau beberapa alamat blog atau web yang ber-Page Rank tinggi.
  • Lalu ping blog utama anda agar google cepat re-index blog anda. Buka alamat dibawah ini di tab baru. Ganti terlebih dahulu ujangyoyo.blogspot.com dengan alamat website anda.
http://blogsearch.google.com/ping?url=http%3A%2F%2Fujangyoyo.blogspot.com%2Fatom.xml%3Fredirect%3Dfalse%26start-index%3D1%26max-results%3D500
  • Jangan lupa juga untuk resubmit di google webmaster agar konten blog dapat di crawl (jelajahi) ulang secara keseluran oleh mesin pencari.
Setelah tips diatas dilakukan oleh anda, silahkan tunggu selama sekitar 3 - 7 hari di google. Apabila masih kena, mungkin jurus terakhir adalah berdoa. Jadi bagi anda yang mengikuti kontes seo harap hati-hati dengan google sandbox ini. Tips sebelum mengikuti kontes seo adalah lihat waktu yang diperlukan. 

YANG TERAKHIR
Jadi dengan mengenal pengertian Google Sandbox dan kerugian yang di timbulkannya, maka seorang blogger ataupun webmaster perlu mewaspadai serta merencanakan dan membangun website/blog yang dikelolanya dengan baik sehingga memungkinkan sebuah situs web baru terhindar dari Sandbox Google. 


1 comments:

  1. wah bagus tipsnya :) saya coba dulu,kebetulan blog saya terkena dampak google sandbox ini.cape deh...

    BalasHapus