Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Produk Daur Ulang Paling Kreatif

Permasalahan sampah menjadi hal yang krusial dewasa ini, namun dengan inovasi, kreatifitas dan kemajuan teknologi, sampah dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan dasar yang lebih kuat dan tahan lama. 

Berikut ini ada 8 inovasi yang diciptakan, bukan hanya oleh perusahaan besar tapi juga masyarakat, untuk menjawab permasalahan sampah botol plastik. 

Jembatan di Peeblesshire, Scotlandia.

Konstruksinya terbuat dari sampah botol dan sampah plastik limbah rumah tangga. Bahan utama jembatan ini disupply oleh perusahaan yang bernama Vertech Composites. Jembatan sepanjang 90 kaki ini dapat menahan lebih dari 44 ton pejalan kaki, mobil dan kendaraan yang membawa beban berat.

Perusahaan ini mengatakan bahwa dengan membuat konstruksi jembatan berbahan dasar plastik daur ulang, ini telah membantu materi-materi berbahaya bagi lingkungan ini jauh dari pembuangan yang mencemari lingkungan.

Menurut William Mainwaring, CEO Vertech, mengatakan kepada CNN bahwa materi berbahan dasar limbah plastik yang dikembangkan oleh peneliti dari Universitas Rutgers ini, memiliki daya tahan yang lebih lama daripada konstruksi konvensional lainnya seperti baja.

"Teknologi ini cocok untuk membuat konstruksi jembatan menjadi kaku dan kuat yang ideal untuk struktur seperti jembatan" tandasnya.

Cat ramah lingkungan.

Baru-baru ini sebuah perusahaan kimia Sherwin-William menerima EPA (Environmental Protection Agency) Green Chemistry Award atas keberhasilannya menciptakan formula cat yang mengandung botol plastik dan rendah polusi dibandingkan tipe cat lainnya.

Cat ini dikombinasikan dari alkyd atau berbahan dasar minyak, dengan cat acrylic yang memiliki kadar pengerusakan lingkungan yang rendah, maupun pengerusakan pernafasan.
 
Baca juga: Cara Membuat Boneka dari Botol Bekas Susu

EcoArk di Taiwan

Sebuah monumen yang dibuat sangat inovatif dan impresif di Taiwan bernama EcoArk dibangun menggunakan 1,5 Milyar botol plastik. Selain itu, gedung ini pun menggunakan tenaga matahari yang mampu mengalirkan listrik ke seluruh gedung dan menyalakan lampu LED di malam hari.

Far Eastern Group selaku komisi gedung tersebut mengatakan gedung semacam EcoArk dibangun dengan tujuan menggarisbawahi pentingnya mendaur ulang. Selama ini Taiwan dikenal sebagai kota yang memiliki tingkat daur ulang yang rendah, yakni 4 persen.

Nike Pro TurboSpeed

Seragam ini dipakai oleh peserta Olimpic Games dari US ketika Olimpic Summer Games digelar di London. Seragam ini diciptakan dari 13 botol plastik yang telah didaur ulang.

Produk Nike lainnya yang menggunakan plastik daur ulang adalah sepatu Nike, cleats (alas sepatu supaya tidak licin) dan peralatan olah raga lainnya.

Richart Sowa yang Joysxee Eco Island

Proyek di teluk Isla Mujeres, Meksiko merupakan salah satu proyek daur ulang paling kreatif.

Sowa mengumpulkan lebih dari 125.000 botol plastik menghancurkan dan menciptakan surga mengambang, sebuah pulau dan taman yang menyediakan banyak makanan.

Cara kerjanya: botol plastik berada di dalam karung buah daur ulang, di atas yang tercakup dalam palet kayu lapis, maka karpet, kemudian pasir, kotoran dan batu.

Interior Mobil Elektrik Ford Focus

Setiap 2.012 Ford Focus menggunakan botol plastik daur ulang di kain kursi nya. Perusahaan juga telah mengembangkan plastik diperkuat dengan biomaterial biasa seperti gandum straf dan tanaman yang disebut kenaf dan bantalan kursi isian yang terbuat dari kedelai berbasis busa.

"Pada sebuah mobil rata-rata kita menggunakan sekitar 300 pon plastik," kata Angela Harris, Ford biomaterial insinyur penelitian.

"Jadi, ada banyak kesempatan di sana untuk meningkatkan kandungan bio keseluruhan dan konten daur ulang. Meski kami telah mencapai banyak, tapi kami akan menjaga itu terus berkembang."

Headphone dari sampah botol plastik

Musisi will.i.am dan Coca-Cola bekerjasama untuk sebuah inisiatif yang disebut EKOCYCLE, ECOCYCLE ini mempromosikan manufaktur loop tertutup dan produksi barang yang terbuat dari barang lama/tua, barang daur ulang.

Beats edisi khusus daur ulang oleh headphone Dre, sebagian terbuat dari botol plastik daur ulang.

Hammock

The Hammock Envirope klasik dari Hammocks Twin Oaks terasa selembut kapas tetapi sebenarnya terbuat dari botol plastik daur ulang.

Dibuat sebagai kerajinan tangan oleh masyarakat Twin Oaks di Virginia pedesaan, tempat tidur gantung tahan lama, nyaman dan dibuat dengan cinta.

Kedelapan benda yang dibuat dengan daur ulang tersebut membuat kita berpikir kembali, bahwa tidak ada yang tidak dapat diupayakan untuk mengurangi dampak gaya hidup serba instan (sampah botol plastik) dan limbah plastik. Benda-benda tersebut sangat inovatif dan menjawab permasalahan lingkungan.

Sumber: earth911

Posting Komentar untuk "8 Produk Daur Ulang Paling Kreatif"