Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Sampah Menjadi Kerajinan Yang Menghasilkan Uang


Kerajinan Tangan dari sampah plastik merupakan kerajinan yang sangat mungkin dan bisa menjadi alternatif peluang usaha di sekeliling kita. Seperti yang kita ketahui Plastik merupakan bahan kebutuhan yang banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia saat ini. Akan tetapi sisa sampah dari plastik menjadi permasalahan tersendiri bagi kehidupan.


Solusi yang tepat adalah dengan mengurangi penggunaan bahan yang berasal dari plastik atau mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat. Sampah plastik bisa diolah menjadi aneka Kerajinan tangan yang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik. Peluang usaha Kerajinan sampah plastik ini disamping mendatangkan rezeki juga mengurangi polusi akibat sampah plastik.

Salah satu orang yang memanfaatkan atau menata ulang barang bekas menjadi barang yang bernilai seni tinggi adalah Evan Driyananda dan Attina Nuraini, barang-barang tersebut bisa jadi media komunikasi yang menembus banyak dimensi. 

Dua seniman yang sudah saling mengenal sejak SMA ini memilih jalur berkesenian yang terbilang jarang di Indonesia. Mereka memilih untuk mengubah dan menata ulang berbagai sampah non-organik yang mereka dapatkan. “Istilahnya itu found object atau benda temuan,” kata Evan yang juga merupakan vokalis utama di Morries Chambers Band. Baca kisahnya disini


Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan

Langkah awal mengolah sampah plastik menjadi kerajinan adalah adalah dengan memisahkan sampah kering dan sampah basah. Dan selanjutnya sampah kering seperti bungkus minuman ringan seperti kopi, susu dan mi instan dibersihkan. Setelah itu plastik-plastik yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian dipotong-potong seperti pola barang kerajinan yang akan dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat. Setelah dipotong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit.

Saat ini kerajinan dari sampah plastik telah menjadi produk fashion tersendiri yang berasal dari barang daur ulang atau bisa disebut trashion. Trashion ini artinya fashion dari sampah.Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli. 

1 komentar untuk "Cara Mengolah Sampah Menjadi Kerajinan Yang Menghasilkan Uang"

  1. Haduehh..blog dengan content bagus begini kok ya tidak ada yang komentar..
    Kenalkan saya adalah Frans; ayah dari 3 orang anak. Saya tertarik sekali dengan alternatif ini, berkarya (membuka peluang usaha untuk orang2 di sekeling saya)sambil tetap menjaga nilai2 Go green..
    Kendalanya saya tidak punya contact person/wadah yang memiliki ketrampilan ini yang bersedia share ilmu (praktek langsung) cara membuatnya secara cuma-cuma:)
    Bila ada yg bersedia berbagi ilmu saya antusias sekali..
    Saya tinggal di sekitar Bintaro, ini no saya 081380218556.
    terima kasih untuk infonya..
    Blog ini sangat inspiratif!!!

    BalasHapus